Sabtu, 03 November 2012

Belajar Menulis dari Neil Gaiman


NEIL GAIMAN adalah seorang novelis, cerpenis dan komikus dengan karya-karya yang telah mendunia. Ia juga tak asing di dunia teater dan perfilman. Buku-bukunya termasuk American Gods, Stardust, Coraline, The Graveyard Book dan Good Omens. Berikut adalah 8 tips menulis yang ia berikan untuk pembaca via Guardian UK:

Mulailah menulis.

Rangkai kata demi kata hingga kau menemukan kata yang tepat, lalu tuliskan kata itu.

Selesaikan apa yang kau tulis. Apapun yang harus kau lakukan untuk menyelesaikannya, selesaikan tulisanmu.

Kesampingkan tulisanmu. Baca tulisanmu seolah kau tak pernah membacanya sebelum itu. Tunjukkan kepada teman-teman yang pendapatnya kau hargai dan yang suka terhadap materi tulisanmu.


Ingat: saat orang bilang ada yang salah dengan tulisanmu atau ada hal yang tidak masuk akal bagi mereka dalam tulisanmu, mereka hampir selalu benar. Dan saat orang menunjukkan kesalahanmu serta mengajarkan cara untuk membenarkannya, mereka hampir selalu salah.

Benarkan tulisanmu. Kau harus ingat, cepat atau lambat, sebelum kau mencapai titik kesempurnaan dalam tulisanmu, kau harus bisa melepaskannya dan lanjut menulis hal-hal lain. Mencari kesempurnaan sama saja seperti mengejar cakrawala. Kau harus terus bergerak.

Kau harus bisa menertawai leluconmu sendiri.

Peraturan utama dalam menulis adalah jika kau bisa melakukannya dengan yakin dan tekun, kau bisa melakukan apa saja yang kau mau. (Ini juga bisa jadi peraturan utama dalam hidup, namun lebih tepat jika diaplikasikan dalam proses menulis). Maka itu, tulislah ceritamu seperlunya. Tulislah ceritamu dengan jujur, dan lakukan sebaik mungkin. Aku rasa tidak ada peraturan lain yang berarti dalam proses menulis.
Hidup Ini Indah Kesehatan Komunitas Penulis Indonesia Grup Mesra Pustaka Online

0 komentar: