Kamis, 27 Agustus 2015

Tips Menulis Novel : Ide dan Trik Membuat Karakter yang Unik

IDE
Ide bisa disebut hasil dari daya khayal kita untuk menemukan calon konflik/permasalahan dari yang akan kita kisahkan dalam sebuah cerita. Semakin unik dan beda akan semakin menarik untuk digali. Salah satu cara untuk membangkitkan ide adalah sebagai berikut :
1. Membaca.
Sebenarnya membaca adalah salah satu ritual wajib bagi penulis. Bagaimanapun dari bacaanlah kita bisa menyimpan semua bahan yang akan diperlukan dalam menulis. Semua rekaman-rekaman yang menempel di otak kita akan memacu imajinasi kita untuk mempermudah menciptakan tulisan, terutama elemen dari kosa kata, pengetahuan dan sebagainya.


Sebelum menulis, bacalah minimal dua novel bergenre sejenis, lalu cobalah membuat ide sederhana. Biasanya ide akan muncul seperti ilham ketika selesai membaca. Misal, kita memiliki ide : Seorang remaja SMA tersadar dari kehidupannya yang gelap (perempuan, narkoba, dll) ketika sosok Kakak yang sangat dibencinya (karena dicari-cari polisi karena dianggap teroris) hadir dalam hidupnya di kos tempat dia menuntut ilmu. Nah, inilah yang disebut ide. Hanya sebuah premis sederhana yang bisa kita kembangkan menjadi cerita utuh.
KARAKTER/ PENOKOHAN
Setelah kita memiliki ide sederhana tadi, barulah kita menyiapkan tokoh-tokoh yang akan kita hadirkan. Misal dari ide itu muncul sosok remaja SMA (yang akan kita namai ; Niko) dan Kakak Laki-lakinya yang dianggap teroris (akan kita namai Hafiz). Mungkin bisa kita tambahkan sosok perempuan remaja bernama Luna (kekasih Niko yang mempengaruhinya ke dunia gelap)
Nah, setelah ketemu sekelumit konsep tokoh itu, barulah kita buat data singkat/ cv dari tokoh-tokoh utama di atas.
Misal ;
Tokoh 1
Nama : Niko Ardiansyah
TTL : Padang, 28 Mei 1999
Jenis Kelamin : Laki-laki
Fisik : Rambut cepak, berwajah oval, memiliki tahi lalat di dagu, ada bekas luka di lengan. Posturnya tinggi. Body profesional. Suka menggigit lidah tiba-tiba. Mudah terserang flu. Bila marah akan sangat tampak di wajahnya.
Makanan Kesukaan : Sate Tegal.
Latar Belakang : Pernah berkelahi sewaktu SMP, pernah mencuri ayam tetangga sewaktu SD, pernah memiliki cinta pertama bernama Aisyah semasa SMP.
Yang tidak disukainya : dicuekin, dibentak dan diberi makanan berkuah.
Yang paling disukainya : Motor vespa, poster Iwan Fals, dompet pemberian pacarnya yang lusuh.
Dan seterusnya. Intinya semakin banyak daftar riwayat hidup / karakter yang kamu bubuhkan untuk Niko, maka akan semakin bagus.
Cv ini adalah modal untuk penulis agar bisa menyesuaikan tokohnya dengan karakter ; sifat, watak aslinya. Tentunya tiap tokoh akan berbeda sifat dan wataknya. Semakin kita menjiwai mereka maka setiap kita menuliskan bagian mereka, kita akan masuk langsung kedalam karakter mereka. Ini uniknya fiksi.
SINOPSIS
Nah, setelah selesai membuat cv untuk karakter-karakter utama. Sekarang tinggal menyiapkan sinopsisnya. Ingat, sinopsis yang biasa diminta oleh penerbit biasanya hanya 2 lembar. Sebisa mungkin dalam sinopsis itu harus memiliki : perkenalan tokoh, awal masalah, pertengahan masalah, klimaks, ending.
Jadi, buatlah sinopsis secara utuh yang mengisahkan cerita dari awal hingga akhir secara ringkas. Tidak perlu membuat penasaran pembaca. Sinopsis itu untuk dibaca editor agar memiliki gambaran jelas untuk awal dan akhir cerita yang kita buat.
Saya beri clue sedikit untuk sinopsis dari ide cerita di atas :
Perkenalan Tokoh :
Niko, Hafiz dan Luna
Awal Masalah :
Niko mengusir Kakaknya Hafiz untuk pergi dari kosannya, dia tak mau memiliki kakak teroris yang dicari-cari polisi.
Pertengahan Masalah :
Hafiz mengetahui adiknya Niko pacaran secara bebas dengan Luna. Hafiz ingin adiknya bertaubat. Tetapi Niko malah menganggap Kakaknya yang lebih jahat.
Klimkas :
Hafiz meninggalkan Niko. Barulah Niko menyadari bahwa Kakaknya benar, Ia harus meninggalkan Luna demi taubatan nasuha. Ternyata Kakaknya bukan teroris, Kakanya hanya difitnah pemerintah karena terlalu taatnya pada rukun islam.
Ending :
Hafiz tertangkap polisi dan dihukum mati. Niko sangat merasa bersalah dan akhirnya dia benar-benar kembali ke jalan yang lurus. Luna ikhlas ditinggalkannya. Niko kembali melanjutkan sekolahnya hingga lulus dengan membawa diri yang baru.
Nah, di atas itu hanya clue sederhana, untuk dikembangkan menjadi sinopsis ( dua halaman )

Hidup Ini Indah Kesehatan Komunitas Penulis Indonesia Grup Mesra Pustaka Online

0 komentar: